Rabu, Maret 04, 2009

Latar Belakang Pendirian Radio Komunitas “ JM FM 107.7 “

Radio Komunitas merupakan salah satu alternatif pemenuhan kebutuhan masyarakat atas informasi yang memperjuangkan nilai-nilai demokrasi dan kearifan lokal, paradigma media yang selama ini menganggap masyarakat sebagai obyek media saja akan tereduksi dengan adanya peran masyarakat untuk mengelola media secara mandiri.

Perkembangan media informasi dan komunikasi ini diilhami reformasi politik pada tahun 1999 dengan runtuhnya rezim otoritarianisme, reformasi ini membawa harapan baru atas terciptanya iklim demokratisasi di Indonesia. bahwa issue msyarakat lokal memiliki hak mendapatkan akses media lokal dan tuntutan informasi yang berimbang menjadi sebuah kebutuhan untuk menciptakan media yang dikelola oleh masyarakat sendiri, dimana akses dan deseminasi informasi ditujukan kepada masyarakat yang mengedepankan kepentingan dan keberpihakan masyarakat, Sehingga masyarakat memperoleh akses informasi sebagaimana yang dikehendaki.

Melihat latar belakang histories keberadaan komunitas warga jawa yang sudah ada dan mendiami kota Merauke dari tahun 1902 sampai dengan sekarang, dan menjadi warga kelas dua selain warga asli dari Suku Marind pada saat itu. Dan kemudian munculah sebutan “ Marin Puanim” bagi komunitas Jawa dan mempunyai derajad yang sama dengan masyarakat asli. Dan dalam perkembangannya sampai saat ini, kumunitas Jawa di Merauke sudah banyak melahirkan keturunan yang lahir dan besar di kota Merauke dan telah banyak memberikan kontribusi yang besar bagi perkembangan kota Merauke. Namun dalam perjalanannya komunitas Jamer merasa akan semakin terpinggirkan oleh komunitas lainnya yang turut serta berperan dalam memajukan kota Merauke dewasa ini.

Hal inilah yang melatar belakangi Komunitas Jamer mulai berbenah diri dalam kiprahnya memajukan kota Merauke. Dengan cita rasa memiliki sebagai anak kelahiran tanah ini, maka dirasa perlu mencari media lain yang menjebatani aspirasi komunitas Jamer dengan pemerintah dan komunitas lainnya.

Maka dengan kesepakatan bersama, dan dilandasi oleh latar belakang diatas kemudian dibentuklah radio komunitas dengan nama “ Radio Komunitas Jamer FM (JM FM) “.

Dalam siaran uji coba yang dilakukan, ternyata animo serta apresiasi masyarakat akan keberadaan siaran JMFM sangat baik. Namun demi memberikan kepastian hukum akan keberadaan radio komunitas ini, pengurus berupaya menggalang kerjasama dengan semua pihak yang mau terlibat langsung baik Moril maupun materiil. Dan juga mengharapkan kepada semua warga JAMER diperantauan untuk dapat memberikan kontribusi nyata terutama kepada anak/generasi penerus nama besar JAMER. Mari bergabung sebagai penggiat radio untuk mewujudkan berdirinya Radio Komunitas pertama di Merauke - Papua Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Comments

Total Posts